sushi similikiti

Terinspirasi dari mamana clo saat ngumpul2 di rumah shanni pas open house kemaren nih… makanya niat banget buat bikin sushi, secara makan di sushi tei sekarang minimal dah nopek aje berdua.. (apa gue aja yang rakus, jadi ini itu dipesen?)

Selain itu pengen juga sekali2 bikinin makanan buat suami n anak, walopun soal rasa yahh kurang2 dikit mendekati banyak sih, hihi… Dari dulu tuh sebenernya seneng liat n baca2 buku resep, apalagi pas ada discount-an itu jadi salah satu buku wajib beli. Tapiiii… untuk proses buatnya banyak banget kendalanya, males lah, alat2 gak lengkap lah, adaaaa aja, maklum gak tinggal dirumah sendiri sih, kadang suka jiper sama ama-nya hubby yang bisa dibilang jago masak.

Tapi… kali ini saya sudah bertekad, cie ile gayanya… Dimulai dari cari2 resep di internet sampe beli buku cara membuat sushi. Resep2nya itu macem2 variasinya, tapi gue ambil yang simple2 ajah. Buat resepnya gue ngikutin yang ini.

Bahan untuk membuat:
▪sushi rice merk nishiki
▪cuka khusus sushi merk Mitsukan
▪soy sauce merk Kikkoman
▪sushinori/roasted seaweed
▪washabi >> pasta/powder
▪pickled ginger >> acar jahe
▪tiker untuk menggulung sushi roll
▪garam dan gula secukupnya

Bahan isi :
▪Ikan Salmon mentah
▪Ikan Mackarel (dasui shimei saba)
▪Crab stick
▪Tamago ( telur dadar)
▪Ketimun Jepang
▪Sakura denbu (sweetened pink fishflake/ground seasoned Codfish)

Cara membuat :

-sushi roll-
■masak nasi 1 1/2 cup (ikuti saja instruction nya di kantong beras), di rice cooker sampai matang,kalau sudah matang di taruh di wadah yg lebar biar nasi cepat dingin, sambil diaduk supaya tidak lengket
■aduk dalam cangkir kecil : 5 sdm cuka, 4 sdm gula pasir, garam 1/2 sdt
■tuang isi dicangkir ke dalam nasi, aduk rata, diamkan sampai dingin..
■siapkan tatakan tikar , ambil 1 lembar seaweed, taruh bagian kasar di atas (untuk bagian dalam sushi)
■ambil nasi secukupnya di atas seaweed, di ratakan sampai selebar seaweed, kalau sudah rata nasinya susun isinya, tergantung selera apa saja yg mau di masukkan
■gulung satu kali bersama2 dengan tikar, tapi telunjuk merapihkan nasi dan isi supaya masuk ke dalam seaweed
■gulung terus ke dalam seaweed, tapi tikarnya hanya untuk penekan kalau seluruh seaweed sudah membentuk gulungan seperti lontong, baru tikarnya dibuat sebagai penggulung untuk menekan roll sushi
■potong ujungnya supaya rapih trus dipotong kecil2

-sushi-
■letakkan nasi ditelapak tangan kiri, tekan2 dengan ibu jari kanan, sampai terbentuk sushi (lihat gambar)
■letakkan isi diatasnya >> salmon, makarel dsb

Penyajian:
Letakkan dipiring, dan dimakan dengan saus kecap Kikkoman, dan kalau suka olesi dengan wasabi dan dapat juga dimakan dengan acar jahe.

Tips:
▪Nasi lengket sekali jadi olesi tangan dengan campuran air dan cuka tsb, pisau untuk memotong juga dibasahi dulu dengan air ketika hendak memotong sushi roll.
▪Kalau mau komplit belanjalah bahan di supermarket Jepang.

bahan-bahan sushi

bahan-bahan sushi

Perburuan dimulai dari 2 minggu yang lalu, niat nyari2 bahan di papaya daerah melawai sana. Disana dapet beras khusus suhi yang merk nishiki itu, harganya sekitar 100 ribuan buat 2,5 kilo, mahal ye boo.. Trus beli wasabi sama sushinori (nori yang lembaran) juga disini, tapi gak ada di display jadi kudu nanya sama mbak/masnya baru nanti dia ambilin di dalem, aneh juga ya.. Wasabi sama sushinori harganya sekitar 20 ribuan lebih masing2. Abis itu beli rice vinegar, mestinya si merk beli yang merk mitsukan itu, tapi di papaya gak ada jadi gw beli yang mirip2 ajalah, yang penting cuka beras juga. O ya, satu lagi gw beli kikkoman yang khusus untuk sushi n sashimi. Kalo kikkoman ini ada juga di rejeki cuma harganya lebih mahal, kalo di supermarket biasa adanya cuma yang soy sauce biasa aja.

Abis dari papaya, lanjut naik keatas ke daisho, di artha gading juga ada si daisho ini. Semua barang2 jepang dibandrol dengan harga 25.000, dapet lagi cetakan buat bikin sushinya biar rapi, plus piring datar lebar model jepang yang kaya di hokben gitu, trus gak lupa beli tiker yang buat ngegulung sushinya. Ada istilahnya si cuma lupa apa namanya.

Tahap pertama, cuci beras sampe bersih trus masak di rice cooker sampe mateng. Kalo kemaren berasnya gw pake 1,5 gelas plus airnya kurleb 2,5 gelas. Setelah mateng diamkan di rice cooker selama kurleb 15 menit baru kemudian diaduk sama campuran cuka berasnya. Kemaren itu gw ngikutin persis sama resep diatas cuma masih ada sisa tuh, plus rasa2nya kemanisan kalo ampe 4 sdm gula pasir, laen kali kudu dikurangin gula pasirnya.

Selagi masak beras, gw ngetim ikan salmonnya. Gw masih gak berani pake ikan mentah kalo bikin sendiri karena gak tau ikannya bagus n masih fresh apa enggak. Jadi cari aman, gw tim aja. Plus ngedadar telor sama ngerebus crabstick.

Kelar sama bahan2nya sekarang masuk ke tahap kedua, siapin tiker gulung, nori lembaran, pisau yang tajem, air di mangkok (buat basahin tangan n pisau biar gak lengket di nasi), cetakan sushi, plastik buat ngebentuk nasi. Setelah itu masukin nasi ke cetakan, di tengah2 nasi diisi ikan, telur, crabstick, sesuai selera. Karena gw gak suka ketimun jadi gak ada tuh ijo2 ditengah2 sushi. Abis itu tutup lagi sama nasi dan tutup pake cetakan sushi lagi. Kalo udah kebentuk baru taro diatas nori dan digulung pake tiker gulungnya, selesai deh, tinggal dipotong2 sesuai selera. Kalo mau bentuk oval/lonjong tinggal bentuk pake plastik abis itu tutup pake nori n atasnya taburin telur ikan ato telur dadar ato apa aja lah sesuai selera.

nasi sushi

nasi sushi

 Hasilnya :

sushi

sushi

sushi 2

sushi 2

Gampang juga ya ternyata… pertama sempet gak pede ngasih liat ke hubby, tapi ternyata hubby bilang lumayan kok, malah besok2 disuruh bikin lagi🙂 Cuma yang gak tahan beres2nya itu loh, sama panasnya… gue paling gak tahan panas, jadi kalo bisa besok2 ngerjainnya di kamar aja biar adem ada ac-nya, hahaha…

Seneng deh, satu project bisa terselesaikan walopun rasanya masih kurang dan perlu diperbaiki disana sini tapi not bad lah..  Abis ini bikin apa lagi ya?? *overpd*

28 Comments

Filed under Uncategorized

28 responses to “sushi similikiti

  1. wah ok banget tuh han…

    btw kalo mau nyari salmon yang mentah buat dimakan, kudu yang tulisannya salmon sashimi, bukan salmon biasa. di sogo foodhall ada jual han.

  2. Silvia

    haduh.. ngiler boo…
    pesen ya bu, yg buat gw mo dobel nori bisa ga, hehehe…. *kaboorrr*

    gw pernah bikin juga han, selain pake crabstick, ada juga yg batang2 gitu kyk sosis tapi persegi kecil, rasanya juga enak, ga tll mirip sosis, lebih enak kl kata gw sih🙂

  3. dari penampakan sih kayanya lumayan ya Han, apa resep ini juga bakal jadi suguhan minggu ini ? hehehe

  4. FeN

    Wew.. Asyiiik and enakkk keliatannya..
    Tentunya rasanya jg dunk yah, makanya hubby elu ampe minta bikin lagi😉
    Spt kata Lina diatas, apa ini akan jadi suguhan minggu ini? :p Hehehe..

  5. babyclo

    wahhh.. bu hanny niat banget bikinnya.. lengkap sampe wasabi dan daun2 hiasannya hehhee…
    gak heran kalo hasilnya TOP markoTOP
    beras merek nishiki itu sering gw liat juga di foodhall…

    • kalo wasabi sih kudu bu, soalnya hubby suka..
      daun hiasan? itu dapet waktu pas beli telor ikannya tuh..
      iya, emang ada juga di sogo sana, cuma blm cek harga murahan mana..

  6. shanni

    wah nanti disuguhin buat acara minggu kan? gw kangen makan sushi nih.. laki gw ga terlalu suka makanya kaga punya temen makan jadi ga pernah ke resto jepang deh hiks…🙂

  7. pesen yang pake baby octopus ya hehehe…

  8. Mamana Felice

    gak kalah ama sushitei… ayo dong nanti hari minggu dikeluarkan jurus sushinya yaaah…. akyu tunggyu lyooh…

  9. aku kecewa aku kecewaaaa kalo hari minggu sushi2 ini ga nongol, huhuhuhu…

    btw, jd total2 brp banyak tuh yg keluar buat bikin sushi ini?
    1/2nya sushi tei ada ga?

    saya pesen dong ci, yg salmon sushi, salmon maki…di sushi tei kan 11rb ya, di nci 5rb dong ya?

    • gak usah ngefans ampe segitunya dong..
      nanti ada sessionnya sendiri untuk sushi..
      kalo beras kan itu bisa dipake buat beberapa kali bikin fer, modal awal aja yang agak banyak, abis itu kan tinggal beli ikan2nya lagi aja

      5000? udah abis fer, ada yang nawarin 10.000, mau?

  10. liviadavits

    ahhhh kepengennn…
    kapan ya bisa bikin sendiri juga?
    pengennnnnnn

  11. waaa… Hanny pinterrrrr… Kirim ke rumah gua donk Han. Haha… Asli dah. Gue mah kagak bakalan sanggup dah disuruh bikin ginian. Padahal laki gua doyan banget. Cuma memang ga familiar ama bahan2nya yahhh.

    • bukan gw yang pinter, tapi yang nemu sushi yang pinter..
      gampang kok el, bener.. coba deh, lu juga kan pinter masak tuh..
      tinggal ke papaya ato sogo foodhall aja, disana ada kok

  12. wah hanny.. bikin laper aja nihhhh🙂

    sayang hubby gua ga doyan sushi, jadi ga bisa bikin dirumah deh. gua cuman bikin sushi kalo papa mertua gua dateng kerumah. sisa dari keluarga gua kaga ada yang doyan sushi😦 *hikssss*

  13. hady pranoto

    Beli wasabi dimana ya….udah cari2 ga ketemu…katanya habis semua…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s