10 detik yang menegangkan

Kemaren sore seperti biasa gue pulang kantor arah rumah naek tol. Gue naik di pintu tol prj, biasanya gue naik yang di pintu tol tanjung priuk tapi kemaren takut macet gara2 banjir jadi mending naik yang di prj aja.

Di sepanjang tol dari ancol kearah bandara agak2 merayap dalam artian banyak kendaraan yang jalannya pelan2 karena memang masih ujan gede waktu gue pulang kemaren.

Sampe yang pecahan kalo lurus ke bandara dan kiri ke grogol, gue ambil ke kiri. Udah lumayan sepi tuh gak terlalu merayap lagi.

Di pintu tol keluar jelambar, di depan gue ada mobil yang jalannya pelan, trus di sebelah kiri juga sama jadi kaya jalan berdampingan gitu. Rencananya, gue mau ambil jalur kanan buat ngelewatin ini mobil trus langsung ke kiri lagi soalnya mo turun di pintu tol jembatan besi. Dari sini udah gak gitu jauh lagi.

Begitu gue ambil jalur yang paling kanan langsung gue lewatin mobil yang tadi di depan gue itu (di jalur tengah). Setelah ngelewatin mobil itu, gue mau balik ke kiri lagi sekalian siap2 mau keluar tol.

Tapi begitu gue lagi ambil jalur kiri tiba2 ada cipratan well, persisnya guyuran air dari arah tol yang berlawanan. Feeling gue mengatakan itu semacam truk atau mobil gede yang lagi ngebut trus ngelewatin genangan air yang lumayan banyak jadi begitu dia lewatin itu air nyiprat kemana2 termasuk ke mobil gue.

Saat kena guyuran itu gue gak terlalu panik, emang udah nyalain wiper, tapi emang berasa airnya bener2 ngeguyur mobil gue jadinya. Abis itu keadaan jadi gak kekontrol. Entah bagaimana tau2 mobil gue jadi ilang arah, gue bingung jelasin kejadiannya gimana karena bener2 cepet dan gue gak ngerti itu kenapa.

Yang pasti dari jalur tengah tadi mobil gue tau2 langsung miring ke kanan mendekati pembatas tol. Reflek gue langsung banting setir ke kiri menghindari mobil gue kena pembatas tol tanpa menginjak rem. Abis banting setir ke kiri mobil gue jadi oleng ke kanan lagi and than entah gimana tau2 oleng lagi ke kiri, boleh dibilang bener2 jalan zig zag ke kiri dan ke kanan.

Gue bener2 shock, tapi yang pasti gue tetep ambil kontrol di stir. Abis oleng ke kiri ini baru gue berani injek rem pelan2 karena gue tau kalo gue langsung injek rem kenceng2 takutnya malah mobil gue balik arah, duh bener2 kaya di film2 deh kalo yang biasa nonton film mah. Sampe barang2 yang ada di jok depan dan belakang berjatuhan semua.

Abis gue injek rem itu baru kayanya setirnya mulai berat lagi, istilahnya mulai mau dikendaliin lagi. Yang tadi itu bener2 kaya nyetir di es (walopun gue belom pernah nyetir di jalanan es ya…), suer… setirnya bener2 kaya loss gitu, berasanya setir sama ban enteng banget kaya gak kemakan gitu. Mungkin ini yang dibilang slip ato apa lah gue gak ngerti. Kejadian itu mungkin sekitar 10 detik, tapi akibatnya mungkin bisa fatal sekali! Yang gue inget saat kejadian itu gue sempet ngomong “Oo.. My God”

Gue cuma bisa bersyukur saat ini bahwa waktu itu gue gak kenapa2. Sangat2 mungkin mobil gue itu menabrak pembatas tol di sebelah kanan. Atau juga sangat2 mungkin mobil gue nabrak mobil lain di samping kiri dan kanan gue. Tapi bener2 gue gak ngerti sama sekali gak ada mobil, ya atau gue gak ngeh ya.. jadi saat kejadian oleng2 itu mobil gue gak nabrak sama sekali ke mobil lainnya padahal gue juga udah gak sempet lagi liat2 kaca spion.

Jadi arah mobil gue itu bener2 gak bisa dikontrol, dan miringnya itu bukan cuma sedikit tapi bener2 miring. Mungkin kalo saat itu mobil gue berhenti posisinya bakalan menghalangi mobil2 yang lainnya.

Thank God gue gak kenapa2, bener2 gue gak nyangka bakal ngalamin kejadian seperti itu. Untungnya gue gak panik saat itu. Gue yakin banget mobil2 yang dibelakang gue dan liat kejadian ini pasti pada bingung ini mobil kenapa kok jalannya very2 zig zag gitu.

Well, satu lagi perlindungan dari Tuhan yang bener2 amazing buat gue. Setelah kejadian itu gue langsung tarik buang napas waktu keluar tol. Kejadiannya bener2 cepet dan bener2 menakutkan buat gue. Saat itu kemungkinan terburuk bisa aja terjadi tapi itu gak terjadi. Gue masih sehat2 saat ini tanpa kurang suatu apapun, yah cuma a little shock aja sih.

Pulang2 gue langsung nyamperin Kevin dan meluk dia erat2. Bersyukur bahwa semuanya baik2 aja. Abis itu baru gue cerita ke hubby dan dia juga ikutan shock.

Dari kejadian ini ngasih gue pelajaran :

– hindari jalur paling kanan kalo di tol untuk mencegah cipratan/guyuran air dari arah tol yang berlawanan. ya, walopun ambil jalur paling kanan mesti kudu lebih hati2 sama genangan air.

– Jaga kecepatan mobil, jangan terlalu kenceng jangan juga terlalu pelan karena itu juga bisa membahayakan mobil2 yang lain.

– Bener2 konsentrasi saat mengendarai mobil di saat hujan

– Berdoa sebelum dan setelah melakukan sesuatu untuk meminta perlindungan dari yang diatas.

18 Comments

Filed under my life

18 responses to “10 detik yang menegangkan

  1. Untungnya gpp ya Han…. musim ujan gini memang lebih ekstra konsentrasi ya. Kamu bawa mobil sendiri ya Han ?
    Klo suamiku malahan seneng tuh klo ujan, padahal khan licin banget ya jalannya.
    Tapi klo banjir…hehehe kagak ada yang seneng d….
    Lain kali ttdj ya… GBU

  2. yolan : iya gue nyetir sendiri, fiuh… untung gue gak papa. kok bisa ujan malah seneng? gak perlu pake ac lagi kali ya bisa irit, hihihi…
    thank’s ya…

  3. babyclo

    serem banget.. syukurlah semua baik-baik… kalo gw yang ngalamin kayanya bakal trauma dan kebawa mimpi terus tuhh

  4. Ngeri juga ya Han, puji Tuhan semuanya baik2 aja. Gw udah ngerasain gimana mobil selip waktu snow, ampe muter ga terkendali gitu. Untungnya waktu itu di jalan perumahan yang sepi, ga ada mobil dari depan/belakang, tapi ya gitu deh jadi ga brani bawa mobil pas winter😦

  5. waduh menyeramkannnn…
    puji Tuhan gak kenapa2 yah.

    • babyclo : untungnya gak sampe kebawa mimpi bu, gara2 ujan tidurnya malah enak bener. jangan sampe trauma lah, kalo gak gue ke kantor gimana kalo gak nyetir lagi.

      felicia : nah persis tuh fel, gue juga mikirnya untung gue gak ampe muter2 kaya gitu. sekarang gue bener2 menghindari genangan air, syerem… bener2 thank God deh gue gak apa2.

      ferlin : amin, untungnya Tuhan masih sayang sama gue. Jadi, mesti kudu berbuat lebih baik lagi nih.

  6. wah hun..thx God banget yah…gw gak kebayang kalo misal ada mobil gitu yang deket2 mobil loe, even lo rem juga kan bisa aja beruntun tambrakannya..amit2 deh ketok2…

    kl di mobil gw pasang itu tuh santo kristoforus pelingdung perjalanan jauh..pasang di dashboard depan, kl dulu sih sendiri gw pasang rosario di kaca tengah🙂

  7. makanya gua juga paling serem kalo nyetir ujan2 an han.. gak brani ngebut beneran deh. Palagi di tol tuh sering banget yang namanya selip2 gitu…
    Puji Tuhan elo gak knapa2 deh..🙂

    • ariany : biasanya gue gak kenapa2 loh ry, selama 13 taon gue nyetir gak pernah ngalamin kaya gini. sekarang emang gue jadi ekstra ati2 lagi kalo ujan nyetir di tol.
      iya thank God gue gak papa.

      FeN : kadang gue gak sabaran kalo jalan di tengah fen, jadi hampir selalu ambil jalur paling kanan biar bisa lebih cepet. ya, itu dia kesalahannya, gak mau sabar.
      emang jadi pelajaran bener deh buat gue biar gak ngulang hal yang sama lagi.

  8. FeN

    Wadow Han.. Bnrn thanks God yah, elu gpp. Cm sport jantung sedikit aja yah..
    Phew.. Bnrn kalo Tuhan yg menjaga, semua akan terjaga dalam lindungan tanganNya..

    Kalo gw lebih suka setir di tengah kalo pas di tol lagi hujan gitu Han. Coz kadang di sisi kiri banget jg suka ada genangan. Tau sndr jln tol disini🙂
    Jadi emang paling aman ditengah deh😀
    Jadi hamburger or hotdog jg yah ditengah2. Hahaha..

  9. thecodys

    hun, sukurrrr puji Tuhan elo masih sehat walafiat!!! gue jadi takut ngebut sekarang😀

  10. iya mesti extra hati2 kalo nyetir lagi ujan2 begini…

  11. arman : bener man, thank’s ya..

  12. shanni

    wah serem juga ya Han, Thanks God lo ga kenapa2 ya Han, emang mesti sabar dan kurangi ngebut bu… apalagi dijalan tol dan saat ujan🙂

  13. shanni : iya shan, thanks ya… emang bahaya kalo ngebut pas ujan🙂

Leave a Reply

