staff meeting

Kemaren sore HRD manager gue ngadain staff meeting. Jadi semua karyawan disuruh ikut meeting. Biasanya, kalo ada staff meeting model begini isinya gak penting n hasilnya selalu gantung, gak jelas. Kenapa gak jelas? lah hrd managernya aja juga orangnya gak jelas😀 jadi semua masalah dipending sama dia n gak jelas juntrungannya.

Sekitar jam 4.30 akhirnya dipanggil2in tuh semua staff untuk ikut meeting ini.

Topik bahasannya :

1. Absensi

Jam kerja di kantor gue 8-17, ada dispensasi 15 menit sampe jam 8.15 lebih dari itu kena potongan telat 5rb.

Hasil meeting kemaren : karena frekuensi yang telat akhir2 ini tinggi jadi rencananya jam kerja di kantor mau dibagi 2, yaitu jam 8-17 atau jam 9-18 dan dispensasi 15 menit ditiadakan. Jadi lewat jam masuk itu langsung kena potongan 10.000.

Jadi tiap orang nanti didata n disuruh pilih mau masuk yang jam berapa, jam 8/9. Aneh kan???
Pada gak setuju dong, alesannya di site operasional itu mulai jam 8 teng, jadi kalo mereka minta data ke kita sedangkan kita baru dateng jam 9 kan gak lucu dong?

Lagipula menurut gue aneh ah, mana ada perusahaan yang karyawannya disuruh milih jam masuk. Gak konsisten banget ya? Terus anehnya lagi peraturan itu berlaku 3 bulanan, jadi misalnya 3 bulan pertama gue milih masuk jam 8, bisa aja 3 bulan berikutnya gue masuk jam 9. Bener2 aneh..

Hasil kasak kusuk hari ini kita semua sepakat, kalo ini pasti ada dalangnya makanya ada yang usul masuk jam 9. Siapa dalangnya? setelah tadi ditelusuri (biasa gosip kanan kiri, tanya kanan kiri), gak lah… serius, tadi kebetulan si boss gak ada n pas hrd managernya masuk ke ruangan jadi kita interogasilah si hrd mgr itu. Ternyata yang ngusulin ada 2 jam kerja itu si boss gue yang rese itu. Errrgghhh… kenapa?

Udah jadi rahasia umum kalo boss gue itu selalu dateng ke kantor telat, paling cepet aja 8.30. Untuk rumah di daerah kelapa gading dan kantor di sunter kan konyol ya? Dari gading ke sunter paling berapa lama sih? Kalo telat aja sih mending, masalah potongannya juga dia suka komplain tuh. Makanya kadang suka tipu2 biar gak dipotong goceng ngakunya abis dari bank lah, abis dari mana lah. Gak ngaruh kali…. Kesel bener deh ah, udah gaji selangit dipotong goceng aja masih gak rela juga.

Tiap bulan kan di kantor gue nempelin daftar absensi karyawan, jadi yang telat paling banyak ketauan tuh, nah si boss ini termasuk 5 besar yang paling telat. No. 4 nya si hrd mgr itu, malu2in ya? pantesan aja mereka2 ngajuin masuk jam 9. Ok lah, kalo emang bener2 kerja jam 9-18, lah ini enggak.

Contoh boss gue aja deh, dateng 8.30 abis itu baca koran abis itu makan pagi abis itu telpon sana sini haha hihi… mulai2 kerja jam 10an, trus sore2 kalo udah jam 17 emang si dia gak pulang tenggo tapi mulai jam 17-18 kerjanya cuma browsing n telpon sana sini lagi, bete deh..

Please deh, jangan korbanin karyawan2 lain cuma buat kepentingan sendiri deh. Gak fair banget ah..

2. Pakaian Kerja

Dari dulu gue masuk kerja sampe sekarang enaknya kantor ini tuh masalah pakaian boleh dibilang santai.

Jadi boleh nge-jeans n boleh ber-polo shirt ria (senin-kamis), jumat sih bebas. Trus sejak kerja disini gue gak pernah yang namanya pake sepatu model tertutup macem orang2 kantoran gitu.

Ya biasa gue pake kemeja tangan pendek/polo shirt, jeans, sendal. Kalo baru dateng si pakenya sandal jepit tapi yang bagusan macem charles&keith punya deh, tapi kalo udah masuk ruangan langsung ganti sendal jepit, hehe… ID Card juga gak pernah dipake, pakenya cuma kalo mau ketemu big boss n mau staff meeting kaya kemaren😛

Ini bukan cuma gue doang lo, ampir semua tipenya kaya gini. Malah ada anak baru masuk udah langsung ngelunjak, dari hari senin-jumat pakenya t-shit n jeans doang bener2 kaya mau ke mall deh, kadang malah pake celana legging sedengkul, kalo ini mah emang keterlaluan.

Nah, hasil staff meeting kemaren : hari senin pake seragam dari kantor (kemeja tangan panjang warna biru ada lambang perusahaan). Hari selasa-kamis pake baju yang berkerah, entah kemeja atau polo shirt, jumat bebas. Daaaaannnn…. diharuskan memakai sepatu tertutup selama di kantor, dibolehkan pake sendal jepit hanya di ruangan. ID Card juga harus dipake sejak mau masuk kantor. Kalo salah satu dari peraturan tadi dilanggar kena potongan lagi 10.000 per kesalahan.

Huaaa…. kudu pake sepatu tertutup? Selama gue kerja disini gue gak pernah punya yang namanya sepatu tertutup nih, berarti pengeluaran gue nambah lagi dong😦

3. Cuti Tahunan

Mulai tahun depan (2009) cuti massal ditiadakan di kantor gue. Jadi libur hanya tanggal merahnya aja. Selain itu kalo mau gak masuk ya tinggal ambil cutinya masing2. Kalo gue gak masalah sih. Ya enakan gitu dong. Jadi cuti emang bener2 dipake untuk kepentingan gue pribadi aja.

4. NPWP & PPh 21

Nah, yang ini giliran boss gue tercinta itu yang ngomong. Gaya ngejelasinnya sambil nulis di whiteboard pake spidol sambil ngetok2 papannya itu, kesannya jadi sok galak gitu. Sampe2 anak baru ada yang nanya “boss nya galak ya?” Pssttt… bukannya galak, tapi sok galak. Wuih, pokoknya gayanya itu arogan banget deh waktu ngomong.

Gue sampe bilang ke temen gue, ni orang tadi salah makan ya? Ngapain juga ngejelasin sambil kaya orang marah2 gitu?

Hasil meeting kemaren : tiap orang dianjurkan membuat NPWP kalo enggak tahun 2009 nanti pemotongan tarif PPh 21 akan lebih tinggi 20% dari yang mempunyai NPWP.

Gue sempet ngusulin, jangan cuma menganjurkan orang untuk buat NPWP aja, tapi tolong disosialisasiin dong apa itu NPWP ato bagaimana cara perhitungannya, etc. Kalo buat aja mah gampang gak nyampe sejam juga kartunya jadi, masalahnya kan kedepannya ini. Gak semua orang itu ngerti n pernah belajar pajak.

Inti dari meeting kemaren adalah : uang makan karyawan gak naik2 tapi potongan karyawan naik!!! Horeeee….. hidup potong2an….

8 Comments

Filed under my life, Work Life

8 responses to “staff meeting

  1. mamipapa

    Wah…emang jaman lagi krisis gini gak bakalan naik ini itu, tadi juga baca di blog orang lain masalah gak naik gaji dan gak ada bonus.

    Tapi kok ada potongan ini itu nyebelin banget yah..kayanya gak fair terus kaya masih kecil aja gitu…emang rata2 bos suka seenak2nya jarang bgt bisa dpt yg wise gitu…

  2. Ferlin

    eh gua pernah denger deh company mana gitu nerapin sistem jam masuk flexible gitu juga, tapi emang aneh dan ga efektif sih menurut gua.

    bos elo mah keterlaluan deh kalo dipotong 5000 dan jelas2 dia telat masih pake alesan ini itu, doohh, plis dehh…

  3. hunny

    mamipapa : ember, pemasukan gak nambah2 tapi pengeluaran nambah terus, aneh emang😦

    ferlin : banyak yang gak setuju kalo masuk jam 9 soalnya kita berhubungan sm site, kdg aja disite udah jam 9 disini baru jam 8, beda jam, jadinya ngaruh di kerjaan.

    nah, itu yang bikin bt bu, dulu jaman gue masih nurut2 aja malah dia yang ngajarin gue untuk boong biar gak dipotong goceng, rese ya tu orang.

  4. luvly7

    waaaah, males banget ya kalo peraturan kantor ribet gitu Hun … untung kantor gue termasup yang ga ribet soal penampilan luar …
    Kantor laki gue juga ribet tuuh … kudu pake sepatu tertutup item, gag boleh warna laen … ckckckck

    Trus, soal cuti masal itu, sebenernya siy enakan cuti tahunan, soale cuti masal kita mo gag mo ikutan pan?? padahal kalo lagi butuh cuti sendiri, ya ribet juga jadine …

  5. Ellyse

    NPWP tuh keknya seumur idup ya?kl uda bikin musti byr tahunan,ga mao tao org uda ga kerja ato apa gt..di indo kl soal pajak emank susah ya,bukan ga mao byr siy tp ga ada aturan yg bener,lagian uda byr tah masuk ke mana

  6. hunny

    luvly7 : dulu2 enggak gitu, ntah ini kerjaannya siapa yang ngusulin kae gitu, ribet jadinya.

    ellyse : yang penting kita udah bayar kewajiban kita ntah itu masuk kantong sapa biar nanti ada balesannya sendiri🙂

  7. Arman

    hahha gila juga hrd manager lu… dia suka telat juga??!!😛

    btw di kantor gua juga boleh jam kerjanya milih lho. rata2 sih antara 8-17 atau 9-18. tapi ada juga yang boleh 10-19. tergantung bos masing2.

  8. hunny

    arman : hm.. no. 3/4 yang paling suka telat dalam setahun, hebat kan?

    kantor gue sering banget berurusan sama site, nah site nya itu ada yang di bagian timur sana, perbedaan waktunya bisa 2 jam, takutnya malah nanti kita baru masuk mereka dah makan siang, begitu kita makan siang mereka dah pulang, lah kapan ketemuanya dong?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s