seiman bukan berarti segalanya

Masih inget cerita di blog gue tentang suster baru di blog sebelumnya kan?
Suster baru yang namanya veronica, yang seiman sama gue, trus yang rajin berdoa, rajin ke gereja, trus ngomong yang baik2 n indah2 itu?

Yup… sepertinya indah kan ya? orangnya baik, sabar, etc…

Tapi jodohnya sama gue cuma berumur 28 hari. Loh kok bisa ya? Emang kenapa?

Hm… gini ya, saat gue ketemu suster ini gue gak terlalu muluk2 minta dia nyamain kerjaannya si suster lama (suster yanti). Kalo suster yanti itu kan semua2 dia yang kerjain, ya ngurusin kevin, nyuci baju kevin, nyuci peralatannya kevin, sampe kamar gue dia yang bersihin semua. Ya pokoknya gue gak ngeluh lah urusan kerjaannya dia, istilahnya semua beres. Gue gak ngarepin si suster ini harus sama seperti itu, enggak. Dari awal gue udah ngomong sama hubby, karena dia udah berumur jadi gue minta maid mertua yang bantu2 nyuci baju kevin dll. Sebenernya lebih ke faktor kasian ya, takutnya dia kecapean. Padahal dimana2 yang namanya suster kan kudu nyuci baju anaknya juga ya, cuma ok lah, gue lempar kerjaan itu ke maid. Yang penting dia pegang kevin aja yang penting.

Si suster ini masuk hari senin malem, sampe hari kamis kerjaannya si ok2 aja, kevin juga mau sama dia. Tenang dong gue, dia juga ngajarin kevin doa di beberapa hari awal walopun belakangan uda gak kedengeran lagi😦
Sampe hari jumat malem gue kan lagi lembur di kantor, gue ditelp hubby, katanya jidatnya kevin benjol plus biru gara2 pas siang kevin lagi merangkak trus kepleset, jadi jidatnya kena ke lantai. Gue tanya ke hubby susternya langsung kasih tau dia gak pas pulang, hubby bilang si suster langsung minta maaf pas hubby pulang. Ya udahlah, gue pikir kan dia juga gak sengaja, gue gak gimana2 sama dia. Pas gue pulang juga dia langsung ngomong minta maaf, gue bilang ya udah gak papa yang penting dia udah jujur sama gue, ya iyalah kalo dia gak ngomong juga pasti gue tau, wong jidatnya jadi biru gitu.

Setelah itu ya biasa2 aja si, cuma kalo gue tanya sama ama-nya hubby yang ngawasin di rumah, katanya si suster ini mesti disuruh2 dulu, kalo gak diem aja. Emang sih, kalo malem juga padahal udah gue bilangin buat ngeluarin termos dari kamar gue, biar besok pagi kan bisa diganti jadi gak perlu nunggu gue bangun dulu. Trus hal2 kecil lainnya, kalo gak diingetin pasti gak dikerjain.
Cuma gue masih sabar2 lah.

Satu lagi, kalo pergi2 sekarang gue jarang ngajak suster baru ini, soalnya beberapa kali gue ajak pergi kerjaannya bengong doang. Jadi gue pikir ngajak gak ngajak juga sama aja. Akhirnya udah beberapa minggu ini gue kalo pergi2 ya cuma bertiga aja sama hubby. Di rumah ngapain? Ya gue bilang, kalo mau ke gereja ikut PD sama mertua gue boleh, ato kalo mau istirahat di rumah juga gak papa. Setelah itu ngapain? ya gak ngapa2in ternyata, diem aja, bengong di rumah.

Belakangan ini gue dikomplain sama mertua, katanya kalo mertua gue dateng pas kevin mau makan pasti gak dibolehin masuk kamar. Katanya nanti kevin jadi gak mau makan. Waktu itu pas ipar gue dateng trus masuk kamar juga langsung disinisin sama susternya, katanya : ya.. aem-nya si masuk kamar, kevin jadi gak mau makan deh, padahal biasanya gak papa.
Pernah pas ada gue dia bilang, kevin makan dulu ya, trus dia masuk ke kamar gue. Gue biarin kira2 15 menit, gue kirain mau makan dong, pas gue masuk ternyata kevinnya cuma lagi digendong aja sama si suster. Gue bilang kok gak makan? dia bilang, kevinnya gak mau makan. Langsung kevinnya gue ajak ke depan, trus gue yang suapin, ternyata mau2 aja tuh.

Mau cerita yang bikin dongkol lagi?
Nah ini yang bikin gue udah gak tahan sama dia. Hari jumat terakhir kerja kemaren dari kantor gue ngajakin rame2 ke dufan jam 3an. Jadi gue udah pesen sama suster kalo hari itu gue pulang agak maleman. Lagi di dufan, sekitar jam 5an gue ditelpon sama mertua gue, katanya kevin lagi dirumahnya, trus dia liat di jarinya kevin itu luka, lukanya lumayan gede, sampe kulit luarnya terkelupas semua. Trus tadi katanya pas dia kerumah gue lagi mandi sore kevin jerit2 kaya kesakitan. Dia tanya suster katanya gak kenapa2. Dia tanya gue, jarinya mau dikasih betadine gak? Gue tanya, emangnya kenapa bisa sampe gitu, mertua gue bilang dia gak tau karena susternya gak cerita sama dia. Ya udah, gue suruh dibersihin pake air anget trus kasih betadine sama pakein handiplast. Dari situ gue udah mulai gak tenang mikirin lukanya kaya apa.

Pas hubby gue nyampe rumah, suster gak ngomong apa2 ke hubby. Sampe hubby nanya tangannya kevin kenapa, dia jawabnya gelagapan gitu, gak jelas ngomong apa dan kenapa. Trus hubby nanya ke dia, kenapa gak cerita ke ama-nya hubby ato nyokapnya pas dateng kesitu, susternya bilang, sebenernya mau ngomong cuma lidahnya kaku gak bisa ngomong. Errrgggg… maksud lo??? mungkin takut diomelin kali ya, makanya dia diem2 begitu. Hubby langsung marah sama dia. Waktu gue pulang juga kan dia sempet ketemu sama gue, dia gak ngomong apa2 tentang tangannya kevin.

Besokannya kalo gue gak tanya dia gak ngomong juga tuh. Akhirnya gue tanya ke dia, tangannya kevin kenapa? Dia bilang waktu di kamar dia lagi gendong kevin kayaknya kevin main2 jendela katanya. That’s it, cuma itu penjelasannya. Kesel dong gue, masa gue cuma dijelasin itu doang. Trus gue tanya lagi, iya, ceritain ke saya kenapa bisa sampe begitu. Dia bilang dia gak tau, tiba2 tangannya begitu. ????????######@@@@@
Kesel abis gue dengernya, gue bilang emang gak nangis? dia bilang enggak. Gak berdarah juga? katanya enggak. Abis itu gue sabar2in, gue diem aja. Dalem hati gue sama sekali gak percaya sama omongan dia. Waktu gue tanya aja mukanya celingak celinguk gitu, kaya pura2 gak bersalah. Masa luka lumayan gede kaya gitu bisa2nya gak berdarah trus kevin gak nangis kesakitan? Wong kita aja kalo kena pisau aja kan berasa perih. Gue udah gak percaya lagi sama ini suster.

Sampe disitu aja??? enggak lah yauw, ada lagi yang bikin gue naik darah ampe ke ubun2.
Ceritanya hari minggu kemaren, pas kevin lagi tidur siang iseng2 gue ke belakang ke tempat cuci baju. Gak tau kenapa lagi iseng banget waktu itu pengen liat ember buat nyuci bajunya kevin. Waktu gue buka tutupnya gue liat ada bajunya kevin cuma sepasang dijadi satu sama lap buat ngelap2 kamar gue. OMG, gue langsung kaget dong ngeliatnya. Masa bajunya kevin direndem jadi satu sama lap? Gue langsung panggil si suster. Dan kejadiannya seperti ini :

G (gue) : sus, kok bajunya kevin sama lap nyucinya dijadi satu?
S (suster) : yang mana ya non? (dengan tampang yang pura2 oon)
(gak sabaran) langsung nunjuk ke ember.
G : ini! kok nyucinya dijadi satu si?
S : ooh, saya diajarin sama suster yanti emang begini
G : mana bisa begini??? siapa yang ngajarin?
S : suster yanti bilang semua jadi satu aja, wah berarti saya dikadalin sama suster yanti ya, jahat tuh..
G : jangan suka nyalah2in orang ya sus, gak mungkin dia ngajarin kamu begitu, jangan bohong ya sus, nanti saya telpon suster yantinya ya!
S : oh gak papa non, telpon aja
(gue udah mulai kesel disini)
G : sus, kok begitu sih? kalo si suster yanti ngajarin yang jelek2 terus kamu mesti nurutin juga? gimana sih? katanya udah pengalaman ngurus anak kok kaya gini2 aja masih gak ngerti si?
(nada ngomong gue udah mulai ninggi)
S : oh, iya non, maap non, biasanya enggak begini kok, baru kali ini aja begini
(OMG, biasanya juga bukan dia yang nyuci bajunya kevin, please deh, ketauan banget gak mau disalahin ini orang, bikin gue naik darah aja!!!)
G : saya gak mau ya lain kali suster kaya gini!
S : iya.

Errrrrrggghhhh, mau marah gak sih? kesel banget gue sama orang kaya gini ini, pinter banget ngomongnya, bilang inilah itulah, errrrggghhh…
Enough… gue udah cape sama ini orang. Mulutnya pinter bener kalo ngomong, bener2 gak mau disalahin banget.
Abis itu langsung masuk kamar n cerita ke hubby. Hubby langsung nanya ke ama-nya, apa bener suster yang lama kalo nyuci kaya gitu, soalnya ama-nya yang suka merhatiin kerja suster gue yang dulu. Amanya hubby bilang, biasanya suster yanti kalo nyuci selalu dipisahin antara baju kevin sama lapnya, dia liat sendiri.
Hubby langsung nyuruh gue telp si suster yanti, waktu gue telpon dia bilang dia gak ngajarin kaya gitu. Mau marah gue rasanya, cuma gue tahan2 aja. Bener2 pinter bohong suster yang satu ini.

Ya, gitu deh ceritanya. Ternyata seiman bukan berarti segalanya. Kepercayaan yang gue kasih sama dia selama ini luntur seketika itu juga. Gue udah bener2 gak percaya lagi sama dia. Gue tuh orangnya gitu, kalo ada orang yang uda bikin gue gak percaya gue pasti bakal susah buat percaya lagi sama itu orang. Percuma deh seiman, rajin ke gereja, rajin berdoa tapi kalo pinter boong sama aja. Mulut orang sama aja ya ternyata. Yang penting sekarang buat gue orangnya deh, bukan agama ato apanya. Mau agama apapun ato ras apapun kayanya sama aja, yang penting sifatnya. Kalo emang dasarnya dodol mau diapain juga tetep aja dodol.

Jadi liburan kemaren gue jalan2 bertiga sama kevin n hubby aja deh ke puncak. Gak bertiga juga si, ada sodara2 gue juga, cuma kita di mobil bener2 cuma bertiga. Fiuhh, seru n cape banget deh secara anak gue itu kan “aliiimmm bener”😀

Ya, mulai hunting2 pengasuh baru lagi deh…

Update : gue baru inget lagi nih, pas hari sabtu abis kejadian tangannya kevin yang luka gue tanya2 ke maidnya mertua gue, gue nanya apa dia liat kejadiannya. Maid gue bilang waktu itu dia liat tangannya kevin berdarah netes2 trus dia tanya ke suster trus susternya jawab gak kenapa2 dengan nada yang galak. Trus pas mau diliat tangannya juga gak dikasih sama susternya.

Abis itu gue tanya lagi, selama ini ada yang yang kamu umpet2in gak cerita ke saya. Disitu dia baru ngomong katanya kalo kevin gak mau makan makanannya kevin dimakan sama si susternya. Trus kalo lagi gak ada orang kevin dikasih sayurnya sedikit, lebih banyak ke nasinya, kalo ada yang ngawasin baru sayurnya ditambahin. Grrrrr…. gue gak bisa ngomong deh, mau marah ya udah marah, kesel ya iya, ya sudah lah.
Untung aja sekarang udah gak kerja sama gue lagi deh, nyerah deh gue sama dia.

17 Comments

Filed under Kevin, my life, suster

17 responses to “seiman bukan berarti segalanya

  1. Ferie, Riana & Cyndie

    Aduh Hun..ternyata emang gak jaminan ya seiman. Moga2 Kevin dpt lagi suster yg pastinya lbh sayang ya sama Kevin. Aku bantu2 doa y dari sini. Hiks, paling mengerti deh gimana perasaan hunny pas find out susternya gitu. Kesel pasti ya, sedih…tp pasti ini jalan-Nya Hun, biar Kevin gak lama2 sama suster ‘jahat’ itu. GBU.

  2. hunny

    riana : bener banget, sekarang gak jaminan deh, yang penting mesti tau orangnya. udah sabar2 ternyata malah makan ati, fiuh…
    thank’s ya ri, mesti tambah sabar lagi ni kaenya😛

  3. Ferlin

    wah nyebelin banget ya susternya, berani bantah2 dan boong2 gitu, ampun dahhhh, udah tua2 juga, ughhh…

    emang ga ada jaminan ya, dan yg ini berarti bener2 pinter boong dan cari muka tuh kalo di depan kita bisa keliatan manis2 gitu.

    ihhh nyebelinnnn *gregetan*

  4. Ariany

    katanya sih tambah tua seseorang tambah belagu dia… gak suster gak maid … duh tapi kalo suster kaya gitu mah emang mendingan dipecat aja deh..😦 makanya dia gak disenengin ama keluarga sebelumnya… ih bete bangett bacanya han..😦
    ah gua rasa emang dia tuh sok pengen ambil hati elo aja.. kalo emang dia biasa berdoa kan pasti setiap hari gak pernah absen berdoa apalagi ajari kevin.. lah kok belakangan gak doa lagi?
    duh gua baca gitu takutnya kalo kevin diapa2in ama si suster deh… (jatuhnya kevin & luka di tangan kevin tuh karena dia yang segaja gituin..) amit2…
    moga2 abis ini nemu yang lebih baik ya han…

  5. Little Angels

    walah kok si suster begitu… untung cepet ketauan ya, moga2 cepet dapet yang baru deh yang cocok n sayang sama Kevin…

  6. mamana felice

    duuuh… gregetan deh bacanya…
    pembantu gua sebelum ini juga tukang bohong. beteee abiiissss….

    gua ngerti deh perasaan lo apalagi lo percayaan Kevin ke dia kan.
    semoga suster baru jauh jauh lebih baik dari dia yah, han…

  7. hunny

    ferlin : yup yup yup, manis di depan ternyata pait di belakangnya, dikasihanin tapi makan ati, fiuh.. gak lagi2 deh, no no no…

    ariany : bener ar, gue liat2 kok awal2nya aja yang baik, lama kelamaan biasa2 aja tuh

    little angels : ya untung aja gue berasa gak sreg sm dia, kalo gak gak tau deh keanehan apa lagi yang dilakuin dia, hiiii…

    mamana felice : iya lo, gak biasa2nya gue kemaren itu ngecek2 sampe kebelakang, untung aja ketauan. Gue aja ampe uda keilangan kata2 saking keselnya, yang ada pintu gue banting2, haha..

  8. FeN

    Wadow Han.. Makanya don’t judge the book from it’s cover yah?
    Bnrn gw ga sangka sus elu bs gitu.
    Kl gw bc postingan elu ama wkt qta chat itu, kyknya dia baek.. Bs ajarin yg bnr..
    Alamak.. Ternyata..

    Haiyah.. Moga2 Kevin bs dpt sus yg bener deh ya setelah ini..
    BTW sus yg dulu akhirnya yg sakit itu jd msh di kampung?

  9. hunny

    fen : gue juga gak nyangka kalo ternyata dia “musang berbulu domba”, makanya gue kuciwa berat sama dia. sus lama gue masih di kampungnya, masih pengobatan.

  10. lenny

    Bagus de dipecat aja tuh suster percuma pengalaman itu mah boong de…pengalaman boongin orang kali yaa ..jadi kesel de kalo baca beginian..yang sabar yaa han n semoga tangan kevin cepet sembuh yaaa…

  11. hunny

    lenny : emang jago bener deh kemaren itu “ngelesnya”, coba gue rekam ya kemaren itu trus gue taro di blog biar lu2 orang tambah gemes :((

  12. mamipapa

    Hi…met kenal yah…

    duh jadi gemes banget baca cerita tentang susternya, untung suster Clarissa walaupun ada minusnya gak sampe separah itu.

    Emang yang namanya rajin berdoa, ke gereja, dll gak menjamin…kaya iman tapi tanpa perbuatan (gile kaya gw suci aja hehehe) yang penting tuh sifatnya baik apa gak..

    Blognya di link yah…thx

  13. hunny

    mamipapa : hallo juga…
    sekarang mah yang penting kalo nyari suster kudu sayang sama anak n jujur deh, kalo gak percuma.
    semua suster pasti ada plus minusnya, selama masih sayang sama anak kita si merem2 aja deh ya..
    jangan sampe dapet kaya suster gue aja.
    gue link juga ya blognya🙂

  14. mamana clo

    walahh.. ga nyangka tu suster ternyata suka boong.
    kasian kevin-nya..
    mudah-mudahan segera dapet suster baru yang cocok ya…

  15. hunny

    mamana clo : amin deh, tengkiu ya bu..

  16. luvly7

    sebel banget kalo pas tau busuk2nya suster kyk gini ya Hun ,… untung cepet ketawan deh!!

    emang kadang kudu ada orang yang ngawasin si suster, apalagi kalo baru … biar gimana kan mereka orang laen 😦

  17. hunny

    luvly7 : ya, feeling seorang ibu emang gak pernah salah deh, padahal gak biasa2nya gue ngecek2 kerjaan orang lo..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s