dokter ngawurrrrrr

Sabtu kemaren jadi juga ngedate sama dokter. Jalan dari rumah sekitar jam 4an sore, soalnya mau ngulang foto rontgennya kevin. Pas jumat sore hubby ke marseno, dokternya bilang mesti rontgen ulang soalnya hasilnya gak memuaskan. Kalo uda rontgen ulang hasilnya langsung dikasih ke dokter pengganti sekalian liat hasil mantouxnya.

Akhirnya kemaren rontgen dulu sebelum ke dokternya. Seperti biasa, baru masuk kamar rontgen udah mulai gelisah deh, mulai cemberut sana cemberut sini. Tapi gue becandain masih mau senyum2 sih. Begitu bajunya dibuka trus ditidurin buat difoto baru mulai ngambek2. Untungnya cuma sebentar, tapi mesti nunggu hasilnya dulu, mau diliat hasilnya bagus enggak, duh, kaya foto studio aja pake liat hasilnya bagus apa enggak (*garuk2 kepala*).

Sambil nunggu, kevin udah seperti biasa lagi, lari2 kesana kemari, emang gak bisa diem deh ini anak. Pas jam 5 sore, hasilnya udah keluar, ini hasilnya :
Thorax AP :
cor : ukuran normal
pulmo : corakan bronchovascular meningkat terutama hilus kiri
kedua diaphragma & sinus costophrenicus normal.
Kesan : bronchitis. Kemungkinan proses aktif spesifik.

Waktu gue baca hasilnya, gue deg2an banget, soalnya disitu disebut2 bronchitis segala. Gue emang orang awam, gak gitu ngerti ilmu kedokteran gitu2, cuma kok kayanya ada apa2nya ya.
Gue langsung buru2 ke dokternya, emang pas dapet nomer 1, jadi gak nunggu lama2.
O ya, berat badan kevin sekarang 12,2 kg panjangnya sekitar 86-87 cm abis pas ngukur gerak2 terus jadi gak gitu pas deh.

Gak nunggu lama udah dipanggil masuk, secara hari sabtu sore pula, dimana2 orang2 lagi pada jalan2 kita malah ngedate sama si dokter. O ya, gue jadinya ke dokter jeffry senduk buat gantiin si dr marseno yang cuti buat baca hasil mantoux kevin. Begitu masuk, orangnya udah lumayan tua juga, cuma kurus dan kecil. Dia nanya kenapa, trus gue bilang, mau baca hasil mantoux, 2 hari yang lalu disuntik sama dr marseno. Trus dia langsung liat tangannya kevin dan ngukur2. Tapi gue ngerasa aneh sama ni dokter, kok dia langsung ngukurnya warna merah di tangan kevin ya, bukan dicari jendolannya. Jadi dia langsung ngukur merah2 bekas suntikannya pake penggaris, pas diukur dia bilang ini ukurannya udah 11, jadi positif ni ya. Trus dia juga liat hasil rontgennya kevin, dia juga langsung bilang, iya ini kena ni ya…

Hasil test mantoux kevin (yang merah2 itu lo…)

Loh, gue bingung n kuatir dong. Gue ngerasa ni dokter kok meragukan ya, gue langsung bilang ke dia “sorry dok, bukannya yang diukur itu jendolannya ya, bukan merah2nya?” trus gue juga bilang ke dia kalo minggu kemaren juga kevin udah ditest mantoux tapi hasilnya dibilang negatif oleh 2 dokter. Trus dia bilang, “oh, gitu ya?” ya sudah, kalo gitu gak usah dikuatirin lah, ini sih ukurannya 11 cuma lanjutin aja obat yang dikasih kemaren. Ihhh, aneh nih dokter, kok jadi ragu2 gitu sih? Gue udah mulai males deh ma ni dokter, dijelasin apa kek atau ngomong apa juga enggak. Gak comment apa2 gitu, bt deh. Emangnya ini main2 ya dok? Saking bt nya, gue cuma diem aja disana gak comment apa2, trus dia kasih resep obat kevin buat sebulan. Setelah itu udahan.

Begitu keluar gue sama hubby langsung geleng2, pendapat gue sama dengan hubby ni dokter gak meyakinkan, kok bisa2nya ragu2 gitu. Tadinya gue udah mau langsung daftar lagi buat dokter Sebastian, di siloam juga. Cuma gue pikir2 mending cari dokter lain diluar siloam dulu, soalnya kan catatan mediknya sama, ntar dia pikir gue kenapa2 lagi, kan gak enak.

Gue langsung telpon sana sini buat nyari2 dokter lain. Maksud gue mumpung masih hari sabtu n masih bisa liat langsung hasil mantouxnya kevin, soalnya kan itu akurat kalo diliat dalam 48-72 jam setelah disuntik. Jadi gue pengen minta dokter lain yang liat hasil mantouxnya. Tadinya gue mau nyoba dr Pan Oto yang di Family cuma takut gak keburu nyampe sananya. Gue cari2 dokter yang deket2 siloam ato rumah, eh.. gue inget postingannya bu ferlin, kalo di daerah Green Ville ada kaya klinik khusus anak gitu, kayanya gue juga pernah liat cuma lupa namanya. Langsung gue suruh hubby ke green ville, gue inget2 tempatnya. Pas nyampe gue baru inget kalo namanya medi kids, trus hubby nanya nama dokternya siapa yang bagus? gue bilang gak inget, tapi gue sambil liat2 papan nama di depannya, eh… langsung inget lagi, dr Stephanus. Iya deh, kayanya gak salah. Akhirnya gue coba turun buat nanya jadwal prakteknya.

Begitu gue nanya ke mba yang jaga dibawah, dia bilang dr Stephanus emang lagi praktek, cuma kayanya udah tutup pendaftarannya soalnya mau ada acara ikut kongres. Gue bilang satu lagi deh, anaknya juga udah ada di mobil kok. Trus si mba-nya bilang, tanya sama suster diatas deh. Ya udah, gue naik keatas nanya susternya, si suster bilang masih bisa daftar bu, daftarnya di bawah. Ye… rese nih mba nya, masih bisa daftar juga dibilang gak bisa. Akhirnya gue ke bawah lagi, gue bilang sama mba nya, kata suster diatas masih bisa daftar kok mba, trus dia gak bilang apa2, cuma kasih nomor di bon pembayaran. Ya udah, langsung gue suruh kevin turun.

Ternyata diatas yang ngantri banyak banget, cuma kata susternya biasanya kalo cuma imunisasi aja cepet kok. Ya udah, gue tungguin. Nunggu kira2 30 menit akhirnya gue masuk juga. Dokternya langsung nanya, kenapa? Gue ceritain masalahnya, dari suster gue trus ke dokter pertama kevin, trus dr victor sama marseno, yang dr jeffry gak gue ceritain, gue mau tau dulu hasilnya apa menurut dia. Gue juga kasih tau kalo kevin minggu lalu pernah ditest mantoux juga. Pas diliat, dr Stephanus bilang, gak apa2 nih. Cuma merah aja, gak ada jendolannya, negatif ya.
Duh, amin… kaya embun dipagi hari gue dengernya, sejuk benerrr. Akhirnya gue legaan dikit deh, trus dia juga liat hasil rontgennya, dia bilang emang ada flek sedikit di bagian kiri, cuma bukan berarti ini dari tbc, bisa dari banyak faktor. Ya sarannya dia, obatnya tetep dilanjutin aja yang INH, plus vitamin2nya juga lanjutin. Nanti setelah 3 bulan, baru dimantoux n rontgen ulang. Sebenernya gue juga udah bisa nebak sih, pasti disuruh lanjutin obatnya lagi. Ya, apa boleh buat deh, kalo emang harus minum obat biar kevin gak kena penyakitnya ya sudah, gue lanjutin. Dia juga bilang, kalo udah minum INH ini, nanti virus2nya juga mati.

Ya, segi positifnya kevin saat ini negatif alias gak kena tbc. Cuma segi negatifnya, ya harus tetep minum obat selama 3 bulan dulu buat pencegahannya.

Duh, mudah2an kevin cukup 3 bulan aja deh ya… Minggu depan gue masih mau ke dokter victor lagi buat ngecek pastinya. Kapok gue ke dokter jeffry, ampun dah… Sekarang gue mau lanjut ke dokter victor ato dokter marseno aja, abis dokter kevin yang pertama juga meragukan. Kayanya minggu ini ada kongres dokter anak deh, abis rata2 dokter anak disini pada cuti semua.

Kemaren nyokapnya hubby cerita kalo ternyata kokonya hubby dulu waktu masih kecil juga pernah kaya gini, ceritanya dulu kokonya sering batuk2, trus dibawa ke dokter n dokternya bilang ini tbc. Disuruh cari sumber penyakitnya, gak taunya supirnya mertua gue yang kena tbc. Kalo dulu kata mertua gue, pas disuntik mantoux merah2nya itu lebar trus berjendol gitu gak kaya kevin katanya, kalo kevin ini kecil doang sedangkan dulu koko2nya hubby gede merah2nya. Kalo dulu koko2nya disuruh minum obatnya 6 bulan baru distop.

Mudah2an kevin cukup 2-3 bulan aja ya. Tiap bulan gue mesti kontrol ke dokter lagi biar cepet sembuh deh, kalo hasilnya udah ok kan jadi kevin gak perlu minum2 obat lagi. Yang kuat ya kevin…
Kemaren malem kevin gue bisikin, gak apa2 ya vin, kamu dari kecil bersakit2 dulu, nanti abis ini kita bersenang2 ya… yang kuat ya vin…

8 Comments

Filed under Kevin, my life

8 responses to “dokter ngawurrrrrr

  1. FeN

    Hun.. wah kebetulan deh.. Emang di posting elu yg sebelumnya, gw ada komen ttg dr. Jeffry Senduk kan?
    Kebetulan gw jg ngerasa dia kurang..
    Eits.. Ternyt elu jg ngalamin hal yg sama yah?
    Berarti ga salah dong yah pendapat gw ttg hal ini..

    Kyknya brati bnr deh buat gw di Siloam itu paling top tetep Marseno ama Victor deh.
    Tp KenKev pk Jani krn gmpng masuk & dpt-nya aja, ga rame and antri 1/2 mati kaya ke Marseno/Victor gitu..
    Tp sebetul kl diliat dr antrian-nya, brarti uda tau jg kan quality si dokter. Ya ga?

    Good deh Kevin ga kena TB yah!🙂

  2. hunny

    fen : iya fen, jeffry enggak banget deh, kapok gue gak mau kesana lagi.

    emang bener, marseno ama victor lebih ok sih selama ini. cuma ngantrinya ya… perjuangan.
    gpp deh, yang penting puas, mereka kalo ngejelasin juga enak sih.

    dr. jani ya? kemaren sempet dibahas ma mertua gw tuh, katanya ini dokter yang istrinya lagi bermasalah itu ya? kasian jadinya.

  3. Ferie, Riana & Cyndie

    hun, syukur sekali ya kevin gak kena. bagus deh….gpp lah abisin obatnya. kevin pasti kuat ya🙂

  4. hunny

    riana : iya thank’s God kevin gak kenapa2. cuma ya tetep harus minum obat aja untuk pencegahan. thank’s ya ri..

  5. Ferlin

    dr jeffry itu dokter anak jg ya?
    koq ngaco gitu yak, kacao deh.

    ih si mbak2 yg di medikids itu emang reseh ya brarti han, nyebelin banget.
    kudu dilaporin ke dokternya biar pada diomelin :p

    syukurlah kevin gak pa2 yah.

  6. hunny

    ferlin : iye, dr jeffry itu dr anak juga fer. kapok deh gue kesana, uda bayar mahal2 gak ada hasil, nyesel banget.

    ember, mba nya juga gak komunikatif, pengen cepet2 pulang kali ye, secara malem minggu gitu loh, untung gue nanya suster di atas, biarin deh cape2 dikit juga demi anak, ya gak?

    iya, amin deh kevin gak kenapa2..

  7. Ariany

    ih nyebelin kalo ada dokter ngawur kaya gitu… salah2 ngasi obat ke anak ngawur juga tuh… ati2 deh..

    puji Tuhan Kevin ga papa ya Han.. dan untungnya dapet suster yang kayanya baek juga… moga2 cocok ya han…
    jadi keinget2… gua juga jarang ke gereja nih.. abis marv susah dibawa ke grj & hubby juga gak bisa kalo ke gereja pagi2 buta… harus ke gereja sendiri nih gua hehehe..🙂

  8. hunny

    ariany : bener, nyebelin banget tuh dokter, untung sebelomnya gue udah cek ke dokter juga. coba kalo gue langsung ke dokter itu waktu pertama kali trus denger kevin dijudge gitu, apa gak lemes gue?

    yang penting sekarang si jangan sampe kena, jadi mesti minum obat dulu. mudah2an deh ry, cocok.

    iya nih, sejak ada kevin jadwal ke gereja jadi ngaco beneran deh. satu lagi “setan”nya ya laki gue sendiri, kalo disuruh bangun pagi sussaaahnya ampun2, kalo udah gitu biasanya dateng telat kalo gak ya udah keburu males😛

    ayo ar, musti kudu rajin ke gereja lagi nih biar jadi anak Tuhan yang baik😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s