ibu yang tolol atau ibu yang sok bijaksana

Kalo di postingan sebelumnya gue ngejelasin bahwa suster gue kena tbc, sekarang gue mau coba ngelist hasil tuker pikiran gue dengan yang lain, ya keluarga ya temen etc.

Kalo menurut :

hubby
Awal2nya hubby ngotot minta suster dibalikin, karena mikir ke kevinnya, jangan sampe kena juga. Dia juga sibuk telpon sana sini untuk nyari suster baru di yayasan, tadinya udah mau langsung ambil suster yang ada aja trus ditraining, tapi akhirnya dia nyerah sendiri n bilang ragu2 mau ambil suster yang “aneh”. Sekarang, setelah konsultasi sana sini dan denger cerita dokternya kevin akhirnya dia bilang sebenernya dia juga gak tega kalo suster dipulangin. Ya intinya dia terserah sama gue gimana baiknya sambil nyari pengganti yang cocok.

MIL
Dari pertama ngotot minta ganti suster. Sebenernya dari sebelum2nya juga uda pernah nyuruh ganti juga karena satu dan lain hal yang lagi2 gak bisa gue ceritain disini. Ya intinya, dia berasa gak cocok sama suster ini bukan urusan jagain kevin. Kalo menurut teman2nya juga katanya suster mesti diganti, trus nyokapnya juga bilang kalo ie2nya hubby juga nyuruh suster gue cuti 1-2 bulan dulu, tapi malemnya gue ketemu ie2nya hubby dan dia ngomong berbeda dengan omongan MIL. Hasil konfirmasi gue ada dibawah.

Nyokap gue
Gak comment apa2, cuma bilang kasian susternya. Sebenernya kerjanya bagus, cuma memang fisiknya aja yang lemah mungkin gara2 sakitnya. Nyokap gue juga bilang kalo maid di rumah nyokap gak “oon” dia pasti bakal ngasih ke gue buat jagain kevin. Dia bilang urusan cucu lebih penting dibanding urusan rumah tangga. Too bad, nyokap gue masih dalam proses recovery kalo gak mungkin gue gak akan sepusing ini.

Ama-ya hubby
Waktu pertama gue nyuru hubby nanya pendapat ke amanya, hubby bilang pasti ama terserah sama kita. Gue bilang gak ada salahnya kan ngomong dulu. Akhirnya hubby minta pendapat sama amanya, dan hasilnya : amanya emang bilang terserah sama kita berdua, tapi dia gak keberatan kalo sister mau tetep kerja disini, karena dia bilang kevin udah cocok dengan suster yang ini, kalo nyari yang lain takutnya gak cocok. Amanya bilang kalo nidurin kevin pas siang aja si Mina gak bisa. Amanya juga minta supaya obat untuk suster jangan dibebanin ke susternya, tapi kita aja yang tanggung. Kalo ini emang gue n hubby sepakat untuk nanggung. Intinya, amanya gak keberatan kalo suster masih disana asal pake masker karena dia takut kevin kena (amit2 tok3x)

ie2nya hubby
Waktu ketemu ie2nya hubby dia langsung ngomong, kalo menurut dia lebih baik susternya diobatin disini aja. Kasihan kalo disuruh pulang kampung, kalo gak ada duit buat berobat gimana? Itung2 kita bantu ngobatin dia disini, gak apa2 kita keluar duit buat dia itung2 menolong orang yang susah, nanti pasti kita dapet berkat dari Tuhan yang lebih banyak lagi. Percaya aja sama yang diAtas.

ie2 gue
Nyuruh gue ganti suster.

sebagian temen2 gue
Nyuruh gue ganti suster walopun bingung saat ini mau nyari suster dimana, setelah gue cerita banyak rata2 pada bilang terserah sama gue.

Dokternya kevin
Penyakit tbc saat ini bukan penyakit yang menakutkan asal penyakitnya udah ketauan dan udah diobatin. Tetep jaga kebersihan. Kena ato gak kena virus, kevin mesti tetep diprotect dengan obat (inh). Dokternya juga bilang susternya udah sayang sama kevin dan bisa kerja kenapa mesti diganti? It’s ok kalo kita masih keep dia, karena kalo gue pulangin si suster juga kasian istilahnya kita mematikan mata pencaharian dia dan gak bisa berobat. Dia bilang kita harus wise..

gue
Pertama kali gue denger suster tbc terus terang gue shock, yang kepikiran sama gue cuma kevin. Gimana kalo sampe dia kena, dsb dsb. Selanjutnya dalam pikiran gue mesti langsung telpon sana sini ke yayasan buat nyari suster yang baru. Terus terang gue gak berani ngambil keputusan untuk langsung pulangin dia ke yayasan, tapi yang pasti gue udah telpon yayasannya. Karena kalo gak ada suster gue gak tau mesti nyuruh siapa yang jagain. Biasanya gue langsung titip ke rumah nyokap gue, disana bisa dihandle sama nyokap n adek gue. Cuma nyokap gue kan juga masih sakit n adek gue mesti bantu jagain nyokap disamping dia juga uda mau masuk kuliah lagi. Kalo sama mertua gue si bisa2 aja, cuma… intinya gue gak bisa ngelepas n gak gitu percaya kalo kevin gue serahin sama dia. Mungkin kalo blog ini bisa dipassword baru gue ceritain semuanya. Lagipula dia banyak “acara”. Gue gak mungkin tinggalin kevin sama laumanya doang, karena kasian pasti gak bisa handle kevin sendirian karena uda gak bisa diem lari sana sini. Satu2nya ya gue mesti minjem maidnya mertua gue yang notabene ada 2, sedangkan di rumah gue lagi gak ada maid. Tapi itupun gue mesti nyuruh suster gue ajarin dulu.

Sebenernya dalem hati gue ya gue takut kalo masih tetep pake ni suster nanti kevin kenapa2 (tok 3x amit2), cuma disisi yang lain gue belum bisa nyari pengganti sementara buat jagain kevin, dan juga kalo menurut dokter dan beberapa orang hasil konsultasi gue katanya kasihan susternya, penyakit ini juga kan bukan dia yang mau, kalo suster dipulangin trus pengobatannya gimana, kalo dia punya duit buat berobat dikampung, kalo gak bukannya malah nanti tambah parah?

Gue pernah nanya sebelumnya ke dia, dia mau istirahat di kampung dulu ato masih mau disini tapi gak boleh terlalu deket dulu sama kevin sambil ngajarin maid mertua gue, dengan catatan gajinya gue share ke maidnya. Dia bilang kalo boleh dia masih mau disini, gak papa kalo gajinya mau dishare ke maid, ya dia tetep akan ngawasin kevin n ngajarin ke maid katanya. Saat ini penyelesaiannya suster tetep gue pake dengan semua warning2 yang uda gue kasih ke dia, sambil tetep berobat disini sampe dia sembuh, atau kalo nanti ada penggantinya yang cocok at least mungkin setelah lebaran.

Gue tau mungkin buat sebagian orang keputusan gue ini dibilang tolol atau nekat, mungkin mereka juga mikir apa ini orang gak sayang sama anaknya? Kok ibu satu ini tolol banget sih, kenapa gak langsung dipecat aja susternya, trus ganti suster yang lain. Ya, kalo banyak yang berpendapat begitu gue terima, ya mungkin gue tolol, cuma gue gak tau lagi mesti gimana, sekarang ini gue gak bisa dapet orang yang bener2 bisa gue percaya. Itu alasan ketololan gue saat ini.

Ya, mungkin juga sebagian yang lain akan ngomong kalo gue ini sok bijaksana, padahal kan tau kalo itu berbahaya. Itu juga gue terima, gue tanggung segala resikonya.

Saat ini gue cuma pasrah, gue bilang ke hubby, gue pasrah sama yang diAtas, semua ada jalannya, kalo jalan gue harus begini dulu, ya gue ikutin. Semua udah ada yang ngatur, walaupun gue gak terima gue harus jalanin. Gue cuma bisa berdoa dan berdoa semoga kevin gak kenapa2 dan ini adalah keputusan yang terbaik buat kevin buat keluarga gue dan buat suster sendiri.

Hari ini gue mau ke dokter kevin lagi buat liat hasil mantouxnya. Mudah2an semua fine2 aja, walaupun hati kecil gue ragu. Mudah2an Tuhan mendengar semua doa2 gue, dan gue juga sekali lagi memohon bantuan doa buat semua temen2 dan keluarga gue, bahwa ini keputusan yang terbaik saat ini dan Kevin gak kenapa2. Amin…

Jadi, orang mau bilang gue ibu yang tolol ataupun ibu yang sok bijaksana, gue terima.

Tadi pagi waktu gue jalan ke kantor gue liat2 rak CD musik, gue mau dengerin musik yang bisa tenangin perasaan gue. Pas gue liat cdnya Maria Shandy, langsung gue pasang. Begitu masuk track ke 2, judulnya Dia Mengerti yang kata2nya :

Terkadang kita merasa
tak ada jalan terbuka
tak ada lagi waktu
terlambat sudah

Tuhan tak pernah berdusta
Dia s’lalu pegang janjinya
bagi orang percaya
mujizat nyata

Dia mengerti, dia peduli
persoalan yang sedang terjadi
Dia mengerti, dia peduli
persoalan yang kita alami

Namun satu yang Dia minta
agar kita percaya
sampai mujizat menjadi nyata

Baru sampe baris ke-2, air mata gue langsung netes. Pas bagian reff gue gak bisa nahan lagi, gue nangis di mobil. Mungkin ini jawaban dari Tuhan, bahwa gue harus yakin semua akan fine2 aja asal gue percaya sama Dia apapun keputusan gue. Gue yakini dan gue Amini, bahwa Tuhan pasti mendengar semua doa2 gue dan akan melindungi kevin. Dan gue menunggu mujizat itu dateng dalam hidup gue karena gue percaya. Amin…

5 Comments

Filed under kerjaan, my life, suster

5 responses to “ibu yang tolol atau ibu yang sok bijaksana

  1. Ariany

    duh.. gua ngerti sih perasaan elo .. dilema elo juga han.. cuma sekarang ini mungkin yang paling penting ya kevin..
    hasil testnya kevin gimana?
    kalo emang elo bisa cuti panjang sih gak papa.. asal bisa balik lagi.. soalnya kebanyakan perusahaan mana mau bolehin cuti panjang pegawainya..
    mungkin perkara pecat suster.. gua sendiri juga orangnya gak tegaan ya..apalagi susternya baek kan ya? tapi gimna lagi.. kalo susternya dah bilang kalo dia gak papa kalo elo cari suster lagi, y demi kebaikan kevin juga terpaksalah dipecat.Tapi semua itu sesuaikan kata hati lah.. jangan sampe elo nyesel2 ntar kedepannya..
    Pokoknya Kevin is number one priority.. itu deh.

    btw. kalo elo lagi repot banget.. dispensasi deh kerjain tagnya hahaha..🙂
    be strong ya Han! problem tuh selalu ada kok.. kadang gue kalo kena problem juga jungkir balik dah.. semoga cepet ketemu penyelesaiannya ya!

  2. FeN

    Hun.. kl emang lg dtg cobaan. ga bisa ditolak. Smua bs dtg bertubi2 yah? Ky misal mom elu skt, terus tau2 sus Kevin ky gitu..
    Tp no choice, hrs dijalanin namanya cobaan..

    Byk2 berdoa and berserah aja deh, moga2 nti cepat ditunjukkan jalan keluarnya.
    Keputusan semua ada di tangan elu, moga2 dgn bantuan Tuhan, keputusan yang diambil akan tepat & sesuai.

    Moga2 hasil mantoux Kevin jg OK, nti ditunggu lanjutannya yah..
    Binun juga emang dilema ky gitu. Tp gmn lg? Semua harus tetep dijalanin.
    Take care deh..

  3. Little Angels

    Emang kevin batuk2 gitu ? jadi ga bisa comment deh, kasian Kevin juga suster yang sakit itu..

    Emang si sus batuk2 terus ?
    Minta Roh Kudus beri hikmat deh, apa yang terbaik buat semua pihak…

  4. Ferlin

    aduhh hun, huhuhuh..gua jd mo nangis baca postingan elo yg ini.

    ngebayangin kevin disuntik dan diambil darah.
    ngebayangin pusingnya elo cari suster baru.
    iyah, gua tau banget, paling susaaahhh cari orang yg bisa dipercaya buat jaga anak.

    sabar ya hun, gua yakin pasti keputusan elo ini banyak dipertanyakan orang (terutama orang2 deket), tapi yakin aja pasti bakal kelar juga akhirnya.

    musti yakin dong hun kalo kevin ga kenapa2…

    gua doain semoga BS kevin cepet sembuh trus elo sekeluarga sehat2 aja.

  5. hunny

    ariany : iyah ar, thank you buat supportnya. gue liat 2 hari ini dulu, kalo emang kevin bener2 gak ada yang bisa ngurus hari senin mau gak mau gue coba minta cuti panjang sama boss gue. Gue tetep berusaha supaya kevin gak terlalu banyak contact sama suster gue dulu.

    thank’s buat anggukan pendingannya😛

    iya, gue mesti kuat buat kevin, ya gak, cia yo…

    FeN : thank you fen buat supportnya juga, ya gue tetep nyari cara supaya semuanya dapet yang terbaik, walopun itu sakit ato gak enak buat gue. thank you..

    little angels : kevinnya si sampe saat ini gak batuk2, kalo suster batuknya cuma pas pagi2 aja. Sebenernya kalo anak kecil gak melulu harus batuk untuk menentukan apakah dia tbc ato gak, banyak faktor kalo hasil gue baca2 di web.

    Iya, gue mesti lebih deket lagi sama yang diAtas, thanks ya…

    ferlin : thank you sooo much bu, uda mau dengerin curhatan gue ya.. semua keputusan pasti ada faktor positif dan negatifnya.

    tega gak tega fer ngeliat kevin ditusuk2 gitu, apalagi hubby. cuma ini buat kebaikan kevin juga.

    iya, gue harus yakin kalo kevin gak bakal kenapa2, amin.

    thank you buat supportnya fer..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s