Hasl Test Mantoux Kevin

Barusan gue ke dokter lagi buat ngeliat hasil test mantoux kevin. Kalo gue baca2 di web, hasilnya ini akan menentukan apakah kevin kena virus tbc atau enggak. Diliat dari indurasi/pembengkakannya (seperti benjolan bukan merah2 di sekitar bekas suntikannya). Kalo indurasinya antara 0-3 mm berarti hasilnya negatif, kalo antara 4-10 mm hasilnya meragukan, tapi kalo indurasinya >10 mm berarti positif terkena virus tbc. 

Kalo gue liat dari bekas suntikan mantouxnya di tangan kevin, memang ada lingkaran merah disekitar bekas suntikannya. Tapi waktu gue raba, jendolannya gak muncul. Cuma gue gak tau pasti untuk kepastian hasilnya. 

Dari pas masuk ke ruangan dokter mukanya kevin udah bt, gak mau senyum sambil ngeliatin dokternya terus. Mungkin masih inget dan trauma karena disuntik hari rabu kemarin ya.. Diajak shake hand pun gak mau, begitu dipegang tangannya langsung ditarik gak mau. Tapi akhirnya dibujuk2 mau juga ngunjukin tangannya. Dokter langsung ngeliat dan ngeraba bekas suntikan kemaren. Dan dokter bilang, negatif, karena gak ada jendolan, cuma merah2 aja. Thank’s God… Tapi… kemungkinan tetap ada karena masih bisa berkembang sampe waktu 3 bulan kedepan. Jadi untuk mencegah supaya kedepannya gak kenapa napa, kevin tetep harus minum obat selama 2-3 bulan setiap hari. Setiap 2 minggu tetep harus kontrol ke dokter untuk ngeliat perkembangan kevin samil diliat apa ada efek samping dari obatnya ke kevin. Karena dokternya jelasin obat ini bermetabolismenya di lever. 

Untuk obatnya sendiri ada 2 macem puyer yang harus diminum setiap pagi hari dalam keadaan perut kosong berupa INH (isoniazid) & Rifampisin. Terus ada satu obat lagi buat levernya namanya curliv, diminum 2x sehari, trus dikasih vitamin kalo gak salah namanya becomplex diminum 3x sehari. Dalam hati gue mikir, ampunnn… deh dalam sehari begitu banyak obat yang harus kevin minum. Dalam jangka waktu 2-3 bulan pula, gue takut ini jadi trauma sendiri buat dia. Kasian banget kalo liat kevin mesti makan obat sebanyak itu :(( Dan obat ini gak boleh kelupaan ato bolong sama sekali, sama seperti orang dewasa kalo lagi pengobatan juga gak boleh kelupaan sehari aja, ato harus ngulang pengobatannya dari awal lagi. Hurts….

Tadi di hati kecil gue sebenernya mau ngomong, liat ni sus, ini semua gara2 kamu, gara2 kamu…!!! Ya, tapi semua juga gak ada yang mau kena penyakit ini sih, huhu…

Besok rencananya gue mau ke dokter anak lain untuk nyari 2nd opinion. Apa hasilnya sama dengan yang dokter ini bilang untuk sekedar make sure n lebih pasti aja. Ya mudah2an aja hasilnya sama, tapi untuk masalah obat sepertinya sama juga.

Mudah2an gue dan kevin kuat ya, harus kuat ngejalanin semuanya demi kebaikan kevin juga. 

Besok pagi juga rencananya gue n hubby mau rontgen untuk ngecek juga. Doain gak ada apa2 ya biar gue bisa jagain n deket sama kevin terus.

Leave a comment

Filed under Kevin, my life

Leave a Reply

